Danil Riswanto, S.H (Camat Merapi Timur)

Secara geografis Kecamatan Merapi Timur berbatasan langsung dengan Kabupaten/Kota administrasi lain. Di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Musi Rawas, di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Merapi Barat, di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Muara Enim dan di sebelah barat dengan Kecamatan Lahat dengan topografi relatif datar dengan sedikit perbukitan dengan keadaan tanah aluvial dominan podsolik.

Luas wilayah Kecamatan Merapi Timur 260,55 KM2 atau 5,97% dari total luas wilayah Kabupaten Lahat dengan kepadatan penduduk 82,38 jiwa per KM2. Secara administrasi Kecamatan Merapi Timur dibagi dalam 13 (tiga belas) wilayah desa dan 1 (satu) kelurahan, yang terdiri dari 45 dusun, 1 RW dan 3 RT. Kelurahan Lebuay Bandung yang juga merupakan ibukota Kecamatan merupakan wilayah terkecil kurang dari 1% atau 0,2 KM2 dari total luas wilayah Kecamatan Merapi Timur, sedangkan wilayah terluas adalah Desa Gedung Agung dengan luas wilayah 51,29 KM2 atau 19,67% dari total wilayah Kecamatan Merapi Timur. Jarak dari ibukota Kecamatan Merapi Timur ke ibukota Kabupaten Lahat lebih kurang 40 KM dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Kecamatan Merapi Timur adalah daerah yang beriklim tropis, yang mengalami dua musim, musim hujan dan musim kemarau. Di Kecamatan Merapi Timur komoditas padi sawah dan padi ladang masih menjadi andalan pada sektor pertanian, sedangkan karet dan kelapa sawit menjadi andalan pada sektor perkebunan.

Selain sektor pertanian dan perkebunan Kecamatan Merapi Timur juga kaya akan potensi sumber daya alam seperti batubara, gas dan minyak bumi yang masih dalam tahap eksplorasi.

Saat ini Kecamatan Merapi Timur dipimpin oleh Danil Riswanto, S.H putra daerah kelahiran Lahat 18 November 1960 ini resmi menjabat Camat Merapi Timur sejak 29 Desember 2016 

IKlan 3
Iklan Sidebar Kanan
Iklan Sidebar Kiri